Mari Kita Renungkan Apakah Waktu hanya sekedar Uang???





Apakah Benar Waktu adalah Uang?


Jika kita sering membaca cerita-cerita motivasi tentang waktu, maka kita akan mendengar ucapan bahwa waktu adalah uang. Namun coba kita simak cerita berikut ini :

Rudi merupakan seorang kepala cabang di suatu perusahaan swasta, setiap hari ia berangkat kerja pukul 6 pagi dan baru pulang pukul 9 malam. Malam itu Rudi seperti biasanya ia pulang kerumah pada malam hari, namun ada yang berbeda pada malam itu. Anaknya yang bernama Ihsan yang baru duduk di kelas 2 SD masih belum tidur, padahal biasanya ia sudah tidur ketika Rudi pulang dan baru bangun tidur ketika Rudi akan berangkat ke kantor.

Rudi pun bertanya "Kok belum bobok sayang?"

"Belum yah, Ihsan nunggu ayah dari jam 8 tadi. Ihsan mau nanya berapa gaji ayah sebulan"

"Gaji ayah tiap hari kira-kira Rp 400.000 dan ayah bekerja selama 10 jam. Tiap bulan dihitung rata-rata 25 hari kerja, jadi berapa gaji ayah, kamu bisa hitung, khan kamu sudah kelas 2 SD" jawab ayahnya sambil tersenyum lalu masuk kemarnya

Ihsan pun bergegas ke kamarnya dan mulai mencorat-coret dikertas lalu mulai menghitungnya. Setelah selesai menghitung iapun kembali ke kamar ayahnya sambil menunggui ayahnya yang baru selesai ganti baju.

"Yah jadi gaji ayah kira-kira perjam Rp 40.000" kata Ihsan

"Wah pinter sekali anak papa"

"Yah boleh nggak Ihsan pinjam uang Rp 5.000 saja"

"Buat apa minta uang malem-malem begini, besok aja kalau mau beli mainan" kata ayahnya

"Ihsan tidak ingin minta uang, Ihsan cuma mau pinjem uang papa"

Papanya yang sudah kecapaian mulai menghardik anaknya "Sudah-sudah. Tidur Sekarang!"

Bocah kecil itupun menangis lalu berjalan menuju kamarnya. Sambil memegangi uang 15.000 miliknya ia masih menangis didalam kamar. Rudipun merasa menyesal karena telah menghardik anaknya, lalu menghampiri Ihsan yang sedang terisak didalam kamarnya.

"Nak, buat apa minta uang malam-malam, kalau mau beli mainan besok saja, jangankan lima ribu, lebih dari itu juga papa kasih." kata Rudi sambil mengelus kepala bocah kecilnya

"Papa, Ihsan tidak mau beli mainan, Ihsan cuma mau pinjem uang papa, papa dibayar 40.000 sejam, kata mama waktu papa sangat berharga makanya Ihsan mau beli waktu papa, Ihsan punya uang 15.000 makanya Ihsan mau pinjem uang papa 5000, nanti Ihsan ganti kalau tabungan Ihsan dari uang jajan Ihsan sudah cukup, Ihsan mau mengajak papa bermain ular tangga setengah jam saja"

Rudipun tidak bisa mengeluarkan kata-kata lagi dipelukerat bocah kecil itu sambil berkaca-kaca.

#Cerita diatas hanyalah sebuah ilustrasi, jika ada kesamaan nama dan tempat karena factor kebetulan
Dari cerita diatas masihkan kita akan berfikir bahwa waktu adalah uang? Waktu bukan sekedar uang tapi waktu melebihi uang. 


Konsep Past, Present dan Future

Jika kita telaah dalam-dalam maka waktu bisa kita bagi menjadi 3 yaitu :
PAST "masa lalu, 2 tahun yang lalu, 2 hari yang lalu, 2 jam yang lalu, 1 detik yang lalu. Masa yang tidak akan pernah kembali, baik itu kesuksesan mapun kegagalan, masalalu adalah catatan, masa lalu adalah sejarah. Jika masa lalu adalah kesuksesan catat itu dan tingkatkan. Jika masa lalu adalah kegagalan, catat itu agar kegagalan itu tidak akan pernah terulang lagi."
PRESENT "Masa kini, sekarang saat dimana kita membaca tulisan ini. jika masa lalu hanyalah catatan, maka masa kini adalah gerbang menuju masa depan. Lakukan apa yang bisa membuat masa depan kita lebih cerah."
FUTURE "Masa Depan, 2 tahun lagi, 2 hari lagi, 1 jam lagi, 1 detik lagi. Kita tidak akan tau apa yang akan terjadi dimasa depan, karena masa depan adalah gelap, yang tidak ada satupun yang tau, hal positif yang kita lakukan hari ini pasti akan berbuah positif dan hal negatif pasti akan berbuah negatif, oleh karena itu isilah hari ini dengan segala sesuatu yang positif.


[103:1] Demi masa.
[103:2] Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,[103:3] kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Pada akhirnya semoga tulisan ini bisa menginspirasi kita untuk selalu menghargai waktu yang sangat singkat ini untuk kehidupan yang lebih baik

Oleh Resan Arts 2011-dari berbagai sumber



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Salam kenal
    Pertama kali aku baca artikel ini aku merasa artikel ini sangat bermanfaat bagi banyak orang dan sangat berfaedah.
    Makasih ya sudah berbagi, semoga semuanya sehat selalu :)
    Salam Bella ^^


    KENALAN YUK

    BalasHapus

Silahkan kirim masukan dan saran anda