Innovation: Bukanlah Sebuah Pilihan tapi Keharusan (Not Choice It's Must)


Act & Think Different 



Innovasi adalah perubahan proses secara terus menerus

Pada saat Thomas Alfa Edison menciptakan bola lampu, semua orang tidak akan pernah membayangkan bahwa bola lampu akan berubah menjadi lampu pijar dengan energy saving atau bahkan LED, namun pada akhirnya semua itu kini menjadi kenyataan bahkan kini hampir semua orang sudah beralih menggunakan LED. Pada contoh diatas innovasi dapat diartikan perubahan atau penyempurnaan


Contoh lain adalah dulu kita mulai mengenal handphone sebagai alat komunikasi yang mobile dengan fitur telephone dan sms. Namun kini hadir smartphone dengan segudang fitur seperti tv, mp4, kamera dan masih banyak lagi. Tanpa innovasi semua itu tidak akan terjadi itulah kenapa innovasi dikaitkan dengan perbaikan secara kontinyu. Contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari definisi inovasi dan masih banyak definisi-definisi yang lain menurut para ahli antara lain:
Inovasi Menurut Para Ahli


1. Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers menyatakan bahwa inovasi yaitu sebuah ide, gagasan, praktek ataupun objek/benda yang disadari dan diterima yang sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok untuk diadopsi.


2. Stephen Robbins

Menurut Stephen Robbins mendefinisikan bahwa inovasi yaitu sebagai sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbarui suatu produk atau proses dan jasa.


3. Van de Ven, Andrew H

Menurut Van de Ven, Andrew H menyatakan bahwa Inovasi ialah suatu pengembangan dan implementasi suatu gagasan-gagasan baru oleh orang yang dimana dalam jangka waktu tertentu melaksanakan sebuah transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan organisasi.


4. Kuniyoshi Urabe

Menurut Kuniyoshi Urabe menyatakan bahwa Inovasi bukan merupakan suatu kegiatan satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses pengambilan dalam keputusan di dan oleh organisasi dari mulai pada penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.


5. UU No. 18 tahun 2002

Inovasi yaitu suatu kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam suatu produk atau proses produksi.


6. Stephen Robbins (1994)

Menurut Stephen Robbins mengungkapkan bahwa inovasi ialah sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki sebuah produk atau proses dan jasa.

Ciri-Ciri Inovasi

Memiliki ciri khas yang artinya sebuah inovasi memiliki ciri yang khas dalam setiap aspeknya, entah itu dalam program, ide atau gagasan, tatanan, sistem dan dalam kemungkinan hasil yang baik sesuai yg diharapkan.
Memiliki ciri atau unsur kebaruan, yang artinya yaitu sebuah inovasi harus memiliki suatu karakteristik yang sebagai suatu karya dan buah pemikiran yang memiliki ke originalan & kebaruan.
Dalam Program inovasi ini dilakukan lewat program yang terencana, yang artinya bahwa suatu inovasi dilakukan lewat suatu bentuk proses yang tidak tergesa-gesa, tapi dipersiapkan dengan secara matang, jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
Suatu Inovasi yang diluncurkan memiliki suatu tujuan, suatu program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah kemana tujuannya dan target yang ingin dicapai.

Innovasi is more than think different

Ada slogan yang mengatakan "Think Different" dari sebuah perusahaan, yang berarti berfikir beda. Namun menurut saya hanya berfikir yang beda saja tidak akan cukup membuat sebuah karya tanpa tindakan yang nyata. Oleh karena itu disini saya mencoba mengganti slogan tersebut menjadi “Act & Think Different” yaitu berfikir sekaligus bertindak beda. Sebuah konsep yang brilian dengan perencanaan yang sangat matang hanya akan tetap menjadi konsep selama tidak ada eksekusi, sebaliknya sebuah ide yang sederhana bisa menjadi sebuah karya besar jika mampu kita eksekusi dengan baik. Bahkan dalam buku The 4 Disciplines of Execution. The Secret To Getting Things Done, On Time, With Excellence mengatakan sebuah eksekusi jauh lebih baik daripada rencana yang sangat baik tanpa eksekusi.

Langkah-langkah populer dalam melakukan innovasi adalah konsep 8 Langkah Kaizen dan Continuous Improvement

"Sebaik apapun sebuah rencana tetaplah menjadi sebuah rencana tanpa adanya tidakan nyata"


Innovation in Global Competition

Agile di era Disruptive

Disruptif dalam bahasa Indonesia artinya mengganggu, sedangkan Menurut Wikipedia Inovasi yang disruptif (disruptive innovation) adalah inovasi yang membantu menciptakan pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Inovasi disruptif mengembangkan suatu produk atau layanan dengan cara yang tak diduga pasar, umumnya dengan menciptakan jenis konsumen berbeda pada pasar yang baru dan menurunkan harga pada pasar yang lama.


Istilah Disruptif Innovation atau Inovasi yang disruptif Pertama kali dicetuskan oleh Clayton M. Christensen dan Joseph Bower pada artikel "Disruptive Technologies: Catching the Wave" di jurnal Harvard Business Review (1995). Salah satu contoh dari Inovasi yang Disruptif adalah Portal berita digital yang menggatikan Koran/Majalah yang dulu sebagai satu-satunya sumber informasi. Kini dengan adanya portal berita digital hampir semua orang lebih memilih membaca berita secara online dibandingkan membaca lewat koran atau majalah. Itulah mengapa Portal berita digital dikatakan sebagai Inovasi yang Disruptif karena merusak pasar media cetak.


Contoh diatas hanyalah salah satu contoh bagaimana disruptif inovasi mengganggu pasar/usaha sebelumnya. Contoh lain adalah

Hilangnya Floppy Disk karena Inovasi CD dan USB
Kamera Film sudah tidak bisa dijumpai lagi karena Inovasi Kamera Digital
Usaha Wartel tergerus oleh Inovasi Mobile Phone
Toko/pasar dan pusat perbelanjaan tergerus oleh inovasi toko online
Dan masih banyak sekali contoh-contoh lain yang belum disebutkan


Kini di Indonesia banyak bermunculan perusahaan-perusahaan startup yang memanfaatkan inovasi disruptif yang banyak diantaranya menjadi fenomenal karena nilainya yang menjadi sangat besar.

Dalam menghadapi era yang semakin disruptive maka strategy yang kita pakai harus agile, Lincah namun juga tetap mempertimbangkan faktor resiko. Kita boleh berfikir liar atau lebih populer dengan istilah think & act out of the box namun tetap harus realistic. Menurut Yoris Sebastian Pengusaha sekaligus founder OMG Creative Consulting dan juga pernah menjadi GM termuda HardRock Cafe mengatakan bahwa Dalam berinovasi ia menggunakan konsep 70:20:10 .


70% adalah berfikir yang aman karena pada dasarnya dapur harus tetep ngebul. 20% adalah berfikir yang sedikit beresiko dan 10% adalah yang resikonya sangat besar yang ini sering kita sebut think out of the box.


Fenomena Perusahaan Start Up

Belakangan ini kita banyak mendengar perusahaan start up. Namun mungkin beberapa diantara kita belum paham apa itu start up. Kata Start Up sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang berarti memulai sesuatu. Dalam konteks ini berarti Perusahaan Start Up adalah perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan tersebut sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan.


Kata startup mulai berkembang pada tahun 90an hingga kini perusahaan start up sering dikaitkan dengan berbau tehnologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Nyatanya memang sebagian perusahaan start up saat ini lahir dari perkembangan tehnologi saat ini, kita ambil contoh gojek, didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim gojek kini menjadi perusahaan start up dengan value yang cukup besar. Beberapa saat setelah didirikan capital value dari gojek mungkin hanya sekitar 8 juta US Dollar, Namun kabar terbaru setelah mendapat suntikan dana dari investor nilainya sudah mencapai 1,3 Milyar US Dollar atau kira-kira 17 Triliun sebuah angka yang sangat fantastis. Ilustrasi diatas hanyalah sebuah contoh, dan masih banyak lagi seperti bagaimana Buka Lapak dari sebuah garasi mampu menjadi top situs jual beli online di Indonesia (Alexa Trafic Rank ID = 11)


Mungkin nilai riil dari perusahaan tersebut jauh dibawah dari capital value dari perusahaan tersebut, namun faktanya perusahaan-perusahaan tersebut masih banyak diburu oleh para investor yang membuat harganya semakin melambung, padahal disisi lain banyak perusahaan tersebut yang masih dalam tahap burning money artinya masih menghabiskan banyak dana untuk membesarkan perusahaan sedangkan profit yang didapatkan belum sepandan. Namun pada akhirnya nanti ketika konsumen sudah tergantung dari produk tersebut maka barulah perusahaan tersebut bisa panen.


Dampak kondisi tersebut tentunya akan menimbulkan persaingan yang semakin sengit, siapa yang bisa beradaptasi lebih cepat dialah pemenangnya.


Revolusi Industri 4.0

Menurut Klaus Schwab, ekonom sekaligus pendiri dan executive chairman World Economy Forum (WEF) "Sebenarnya kita sedang berada di ambang era baru di mana konsep-konsep ekonomi tradisional tidak lagi bisa diandalkan” Ketika perekonomian Cina sedang mengalami pergeseran, ternyata, tanpa kita sadari perekonomian dunia pun sedang menuju sebuah era baru terutama di sektor per industrian dan manufaktur.
Perkembangan teknologi dunia mengalami perkembangan pesat dan sangat mempengaruhi dunia bisnis bahkan kehidupan personal. Menurut Schwab transformasi yang terjadi sebagai dampak perkembangan teknologi dinilai berskala besar dan kompleks, bahkan belum pernah dialami sepanjang sejarah. Transformasi mulai dikenal dengan istilah Industri 4.0.





Kondisi saat ini disarakan bergerak begitu cepat dan saling terkoneksi mulai dari tehnologi, politik, informasi, kependudukan, bisnis dan ekonomi, semua saling terkoneksi dan bergerak semakin cepat.

Lalu apa sesungguhnya Revolusi Industri 4.0?

Menurut Kanselir Jerman, Angela Merkel, pada pertemuan tahunan WEF 2015, Industri 4.adalah mengintegrasikan dunia online dengan produksi industri. Gambarannya adalah bayangkan sebuah pabrik pintar yang di dalamnya mesin-mesin dan robot mampu bekerja menjalankan tugas-tugas rumit, bertukar informasi, saling memberi dan menerima perintah secara otomatis tanpa melibatkan manusia. Semua proses produksi tersebut berjalan dengan internet sebagai penopang utama. Semua obyek dilengkapi perangkat teknologi yang dibantu sensor mampu berkomunikasi sendiri dengan sistem teknologi informasi.


Sejarah Revolusi Industri

Industri 1.0

Dimulai dari abad 18 dimana pada saat itu James Watt menemukan mesin uap, yang membuat manusia beralih dari mengandalkan tenaga hewan ke mesin-mesin produksi mekanis.

Industri 2.0

Revolusi industri kedua berlangsung di sekitar 1870 ketika perindustrian dunia beralih ke tenaga listrik yang mampu menciptakan produksi massal.

Industri 3.0

Revolusi industri ketiga terjadi di era 1960-an saat perangkat elektronik mampu menghadirkan otomatisasi produksi.

Industri 4.0

Kini, perindustrian dan manufaktur dunia bersiap menghadapi revolusi industri keempat; Industri 4.0. Bayangkan ada mobil yang berjalan tanpa pengemudi? Atau mencetak mobil dalam format tiga dimensi? Atau mungkin mesin yang mampu membaca pikiran manusia? Itu adalah gambaran yang akan terjadi pada revolusi 4.0
"Perubahan bergerak semakin cepat, hanya orang yang mampu beradaptasi dengan cepat yang akan mampu bertahan"

Apa dampaknya bagi manusia

Selain realistis dan akan terjadi Industri 4.0 juga akan membawa dampak yang sangat besar, pengangguran dunia diprediksi membengkak. Pabrik pintar sebagai produk Industri 4.0 nyaris tidak membutuhkan tenaga manusia, tenaga kerja. Mesin-mesin dan robot pengganti tenaga manusia bakal hadir. Betul, gelombang Industri 4.0 masih menyisakan ruang bagi tenaga manusia, tapi ini sangat terbatas hanya pada tenaga-tenaga kerja terampil. Dampak yang lebih mengkhawatirkan, kesejahteraan hanya akan terpusat pada negara atau perusahaan yang mampu menghadirkan pabrik pintar. Pengangguran dunia hampir pasti meningkat justru ketika kesejahteraan terkonsentrasi pada segelintir elite ekonomi.
Banyak orang berpendapat Industri 4.0 tidak akan terealisasi dengan cepat. Namun Suka atau tidak, model baru pengelolaan bisnis akan muncul. Pasar tenaga kerja dan dunia kerja akan berubah drastis sebagai dampak digitalisasi kegiatan ekonomi. Di satu sisi, kekhawatiran meningginya tingkat pengangguran akan terus membayangi perekonomian. Di sisi lain, Industri 4.0 justru membuka peluang baru bagi kreativitas tenaga kerja sekaligus menaikkan standardisasi tenaga kerja terampil. demi mengantisipasi dampak tren baru Industri 4.0. Untuk itulah kita perlu terus berinovasi.

"Salah satu cara untuk bertahan adalah berlari secepat mungkin menghadapi masa depan"

Jangan Menjadi Penonton Dirumah Sendiri

Setelah disepakatinya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) atau ASEAN Economic Comunity, maka praktis Indonesia akan terlibat persaingan bebas secara dengan negara-negara di ASEAN. Tanpa persiapan yang matang dan sikap mental kita yang berubah dalam menghadapi persaingan tersebut maka bukan tidak mungkin kita akan menjadi penonton dirumah sendiri. Menjadi penonton di tempat orang lain mungkin bisa memberikan pengalaman untuk kita terapkan tapi bagaimana dengan ditempat sendiri. Sangat memprihatinkan bukan, seharusnya dengan bonus demografi yang dimiliki Indonesia akan membuat kita mampu bersaingan dengan negara lain. Bonus Demografi artinya Suatu Fenomena dimana Struktur Penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan karena jumlah penduduk usia produktif sangat besar. Menurut data Indonesia diprediksi mendapat bonus demografi pada tahun 2020-2030 dimana usia produktif (15-64 tahun) mencapai 70% atau sekitar 180 juta.


Dan Akhirnya semoga kita bisa memanfaatkan bonus demografi tersebut untuk bisa menjadi pemenang di rumah sendiri dan rumah orang lain. Tentunya dengan merubah mental kita untuk selalu beradaptasi menyesuaikan dengan kondisi yang ada serta berfikir satu atau dua langkah kedepan.






Sumber :


Disarikan dari berbagai sumber




Posting Komentar

1 Komentar

  1. Salam kenal
    Pertama kali aku baca artikel ini aku merasa artikel ini sangat bermanfaat bagi banyak orang dan sangat berfaedah.
    Makasih ya sudah berbagi, semoga semuanya sehat selalu :)
    Salam Bella ^^


    KENALAN YUK

    BalasHapus

Silahkan kirim masukan dan saran anda